whatsapp btn

10 Tips memaksimalkan sistem pelacakan pelamar kerja

Hastin Lia • 22 Mei 2024 - 4 Min min read | FRC

pelamar kerjaWaktu telah berubah. Pelamar kerja menghadapi tantangan menarik: Membuat resume digital yang tidak hanya dapat dibaca oleh manusia, tetapi juga oleh teknologi AI yang memprosesnya.

Perangkat lunak AI dan sistem pelacakan pelamar lebih sering digunakan oleh pemberi kerja. Dengan ratusan resume yang dikirimkan per lowongan pekerjaan, sistem ini memungkinkan resume tetap terorganisir dan dibatasi pada kecocokan terbaik. Saat Anda mengirimkan lamaran pekerjaan online, alat yang disebut pengurai resume mengekstrak informasi dari resume Anda, mentransfernya ke bagian yang benar di profil Anda.

Saat perekrut atau manajer perekrutan mencari kandidat yang cocok dengan deskripsi pekerjaan, mereka mungkin mengandalkan perangkat lunak pencarian dan pencocokan. Jika resume Anda tidak diuraikan dengan benar, Anda mungkin diabaikan meskipun Anda cocok untuk posisi terbuka tersebut.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan resume Anda dipahami dengan benar? Dimasukkannya kata kunci dan format yang tepat dapat membuat perbedaan besar antara resume Anda terlihat oleh perekrut atau tidak diperhatikan.

Baca juga : FRC Ecosystem Solusi Income Berbasis Community Professional

Cara Memformat Resume Elektronik

1. Gunakan Microsoft Word untuk membuat resume Anda – jangan pernah menggunakan PDF.

Mengapa resume Anda harus dalam format Word?

  • File PDF atau gambar sering kali tidak diterjemahkan ke sistem pelacakan pelamar. Sistem perekrutan dapat menerima semua jenis resume, namun banyak yang tidak “mengurai” atau menerjemahkan file selain file Word secara lengkap. Bagian dari resume Anda bisa hilang seluruhnya.
  • File PDF dan gambar tidak dapat diedit. Perekrut sering kali perlu mengubah resume Anda sebelum mengirimkannya ke klien untuk menambahkan logo perusahaan kepegawaian, memformatnya sesuai kebutuhan klien, atau menghapus informasi kontak Anda.
  • Hampir semua perekrut dan manajer perekrutan memiliki Microsoft Office. Jika Anda tidak memiliki perangkat lunak Word di rumah, pertimbangkan untuk mengirimkan resume Anda dari komputer lain. Jika Anda tidak memiliki sumber daya alternatif, RTF (file teks kaya) biasanya merupakan pilihan terbaik untuk memastikan kompatibilitas.
  • Hindari penggunaan templat resume, tabel, atau format kolom yang tidak biasa. Saat perekrut menyalin atau mengunduh versi resume Anda, hal ini dapat menyebabkan kesalahan format. Namun, templat dan tabel resume seringkali sulit untuk diedit. Meskipun beberapa perekrut mungkin meluangkan waktu untuk memformat ulang seluruh resume Anda – perekrut lainnya akan beralih ke kandidat lain yang resumenya mudah diedit.

2. Jangan gabungkan dua bagian resume menjadi satu.

Tidak seperti manusia, ketika dua bagian digabungkan menjadi satu, perangkat lunak pengurai resume tidak akan memahami informasi mana yang termasuk dalam bagian mana. Daripada “Pendidikan dan Pelatihan”, gunakan “Pendidikan” dan kemudian “Pelatihan.”

3. Hindari pekerjaan yang “bersarang” jika Anda pernah menduduki beberapa posisi di perusahaan yang sama.

Daripada mencantumkan beberapa posisi di bawah nama perusahaan dengan tanggal kerja yang mencakup semua posisi, perlakukan setiap posisi sebagai pekerjaan terpisah. Pastikan untuk mencantumkan nama perusahaan, lokasi, jabatan, dan tanggal kerja untuk setiap posisi.

4. Konsisten dengan cara Anda menyusun pekerjaan.

Setiap pekerjaan harus mencantumkan tanggal kerja, jabatan, nama perusahaan, dan lokasi perusahaan (kota/negara bagian), dan harus diikuti dengan tanggal kerja. Urutan elemen-elemen ini harus sama untuk setiap pekerjaan. Jika Anda memulai satu pekerjaan dengan tanggal mulai dan berakhir, pastikan Anda memulai pekerjaan berikutnya dengan tanggal tersebut.

5. Cantumkan tanggal mulai dan berakhir untuk setiap posisi.

Pengurai resume mungkin mengabaikan posisi tanpa tanggal. Jika Anda masih bekerja pada suatu posisi, gunakan kata-kata umum seperti “Saat Ini” atau “Sekarang” sebagai pengganti tanggal akhir. Mengeja bulan (daripada menggunakan singkatan MM/YY) akan memastikan tanggal Anda dipahami dengan benar terlepas dari negara mana situs web tersebut dioptimalkan.

6. Jaga agar pemformatan tetap sederhana.

Kami telah menyebutkan hal ini sebelumnya di postingan kami 10 Tips untuk membuat resume yang efektif dan mendapatkan perhatian – ini juga berguna bagi perekrut. Beberapa tip pemformatan resume meliputi:

  • Jangan menyimpan informasi di kolom, tabel, templat, header, footer, atau bidang.
  • Jangan gunakan paragraf dalam satu deskripsi pekerjaan. Jika tidak, informasi yang dimiliki bersama mungkin terpecah.
  • Jangan gunakan gambar atau font yang menciptakan simbol, seperti Wingdings. Saat resume diurai, gambar diterjemahkan menjadi teks. Artinya, gambar akan diabaikan, atau diterjemahkan menjadi huruf dan angka acak yang tidak masuk akal.

7. Informasi kontak harus menjadi item pertama di resume Anda.

Gunakan baris terpisah untuk setiap elemen informasi kontak Anda, seperti yang Anda lakukan saat menulis surat. Jangan pernah menyertakan semua informasi kontak dalam satu baris.

8. Gunakan kata kunci.

Perekrut sering mencari kata kunci dan frasa dalam resume Anda untuk menyaring kandidat. Kata kunci untuk resume dapat ditemukan pada deskripsi pekerjaan dari posisi yang Anda lamar.

Misalnya, jika Anda melamar posisi yang berfokus pada data, frasa kunci yang baik untuk ada dalam resume Anda adalah “entri data”. Header bagian juga harus ramah kata kunci – aturan praktis yang baik adalah membuatnya tetap sederhana. Jika parser tidak mengenali header bagian, parser mungkin tidak menguraikan informasi sama sekali.

9. Akhiri nama perusahaan dengan singkatan umum yang berhubungan dengan perusahaan.

Istilah seperti LLC, Inc., Co., dan Corp. membantu AI mengenali sebuah kata sebagai nama perusahaan. Menggunakan kata-kata tersebut dapat membantu memastikan bahwa nama perusahaan muncul di kolom “Pengalaman Kerja” yang tepat di profil Anda.

Baca juga: Rekrutmen Konsultan IT Berbasis Crowdsourcing

10. Sertakan keterampilan dalam deskripsi pekerjaan Anda.

Perangkat lunak yang canggih dapat menentukan berapa tahun pengalaman yang Anda miliki dengan setiap keterampilan, dengan mendasarkannya pada tanggal kerja Anda. Anda tetap boleh memiliki bagian terpisah untuk keterampilan jika Anda mau.

Izinkan kami membantu Anda mendapatkan pelamar kandidat terbaik anda melalui MSBU IT Staffing Company dan jika anda tertarik bergabung bersama komunitas perekrutan profesional (Freelance Recruiter Community Ecosystem) tanpa meninggalkan pekerjaan utama anda, silahkan bergabung Di sini

Bagikan Artikel Ini

Berlangganan newsletter kami!

Artikel Lainnya