whatsapp btn

IT Outsourcing Terpercaya Jakarta, Mengapa MSBU?

Hastin Lia • 24 Desember 2023 - 7 Min min read | Business

Anda sedang mencari jasa IT Outsourcing / IT Body Hire / IT Managed Service terpercaya di Jakarta? Anda berada di artikel yang tepat! MSBU merupakan salah satu perusahaan Konsultan IT penyedia layanan IT Outsourcing yang bisa jadi pilihan Anda.

IT OutsourcingMengapa memilih MSBU untuk layanan IT Outsourcing? Anda akan mendapatkan jawabannya pada artikel di bawah. Baca lebih lanjut!

 

MSBU, Solusi IT Outsourcing Terpercaya

MSBU merupakan perusahaan Konsultan IT penyedia layanan IT Outsourcing terpercaya di Jakarta. Tak hanya di Jakarta, klien MSBU sudah merambah ke berbagai daerah yang ada di Indonesia seperti Bandung, Medan, Surabaya, dan Bali.

MSBU menyediakan 2 layanan unggulan, yakni On-Demand IT Staffing Service dan IT Recruiting Service. Layanan On-Demand IT Staffing Service menawarkan konsultan IT secara Fleksible dan On-Demand menyesuaikan kebutuhan role, durasi, mode kerja (onsite/hybrid/remote), dan budget Anda. Dengan layanan ini, Anda diuntungkan dengan fleksibilitas dan sifatnya yang sesuai kebutuhan tanpa harus khawatir memikirkan urusan ketenagakerjaan konsultan.

Sementara itu, layanan IT Recruiting Service merupakan layanan Headhunter bagi Anda yang membutuhkan bantuan kemudahan dan kecepatan dalam merekrut tenaga ahli IT berkualitas sesuai kebutuhan untuk dipekerjakan langsung di perusahaan Anda.

Dengan penempatan lebih dari 100 talenta yang dibantu oleh lebih dari 200 rekruter, MSBU telah dipercaya oleh lebih dari 20 perusahaan besar dari beragam industri mulai dari sektor Perbankan, Keuangan, Asuransi, Pemerintahan, FMCG, Retail, Manufacturing, dll.

 

Fokus Keahlian MSBU

IT Outsourcing

MSBU adalah perusahaan spesialis layanan IT Outsourcing. Konsultan IT yang kami tempatkan untuk klien cukup beragam mulai dari konsultan dengan keahlian Software, Data, Mobile, Infrastruktur, Product & UX, serta Functional.

 

Pembeda Utama MSBU

Tentu, sebelum menggunakan layanan IT Outsourcing Anda harus mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki oleh penyedia dan apa yang membedakannya dari penyedia lain. Berikut ulasan mengenai pembeda utama MSBU:

1. Spesialis IT Outsourcing

Sejak ditemukan tahun 2019, MSBU tidak pernah berpindah fokus membangun core expertise pada layanan IT Outsourcing / IT Body Hire / IT Managed Service untuk klien enterprise maupun startup di Indonesia. Hal ini mengartikan MSBU berinvestasi penuh pada riset dan pengembangan layanan agar klien bisa terus mendapatkan layanan yang lebih cepat, mudah dan murah. Hal ini menjadi bukti kuat mengapa perusahaan top di Indonesia mempercayai MSBU menjadi partner layanan IT Outsourcing meskipun banyak penyedia serupa lainnya hadir di Indonesia.

2. Community Sourcing Driven

Salah satu hasil riset dan pengembangan MSBU agar dapat dihasilkanya layanan IT Outsourcing yang lebih cepat, mudah dan murah adalah dengan membangun ekosistem Crowdsourcing Recruitment. Melalui komunitas Freelance Tech Recruiter (FRC) yang kami bangun sejak tahun 2019. Lebih dari 200 rekruter IT yang bergabung didalam ekosistem ini telah membantu MSBU dalam memenuhi sebagian besar permintaan layanan IT Outsourcing klien agar ekspektasi SLA dapat terealisasikan dengan baik. Hal ini menjadikan MSBU paling unik dibanding penyedia lainnya karena MSBU adalah perusahaan IT Outsourcing pertama di Indonesia yang ditenagai oleh komunitas (community-driven).

3. On-Demand Budget & Placement

MSBU menawarkan fleksibilitas untuk dapat mengikuti ketersediaan budget yang Anda miliki. Dengan informasi acuan budget ini lah kami justru dapat melakukan pencarian kandidat yang lebih tepat sasaran. Disamping itu, mayoritas kandidat yang MSBU berikan berasal dari ekosistem FRC, sehingga orientasi utama MSBU adalah memastikan bahwa kandidat tersebut bisa mendapat penempatan secepatnya tanpa ada halangan dari MSBU mengenai potensi profit. Selain itu, MSBU juga memiliki mobilization engine yang cukup robust, sehingga mengenai durasi penempatan dapat menyesuaikan kebutuhan proyek IT Anda yang paling minimal adalah 1 (satu) bulan tanpa menghitung biaya setahun yang di proratakan.

4. Client & Talent Success-Oriented

Client & Talent Success adalah orientasi prioritas MSBU dalam menyediakan layanan, yang berarti kesuksesan klien menggunakan layanan dan kesuksesan konsultan dalam berkarir selama ditempatkan di klien adalah kesuksesan untuk MSBU juga pada akhirnya. Maka dari itu untuk menjaga kesuksesan bersama ini, MSBU memiliki 99% talent retention strategy. Hal ini berarti dari 100 konsultan yg ditempatkan, 99 nya bertahan dan sukses dalam pekerjaannya, dengan demikian klien juga akan mendapat kesuksesan itu secara maksimal. MSBU mendorong kepada semua klien untuk setiap konsultan yang berhasil ditempatkan lebih dari 12 bulan periode layanan IT Outsourcing untuk dapat merekrut konsultan tersebut menjadi tenaga internal diperusahaan klien secara cuma-cuma, atau FREE tanpa ada biaya penalti ataupun biaya sejenis lainnya dari MSBU.

 

IT Outsourcing Spesialis vs. Generalis

IT Outsourcing

Layanan IT Outsourcing mungkin juga disediakan oleh perusahaan-perusahaan IT System Integrator (SI) atau perusahaan Outsourcing non-IT. Dengan demikian, Anda harus mengetahui mana perusahaan yang spesialis dan mana yang generalis dalam layanan IT Outsourcing. Kenapa hal ini menjadi penting? berikut ulasan 7 faktor pembanding IT Outsourcing spesialis vs. Generalis:

1. Fokus Keahlian

Fokus keahlian perusahaan dalam menyediakan layanan menjadi faktor yang cukup penting dalam menentukan penyedia yang tepat. Apabila perusahaan penyedia tidak terfokus pada layanan tersebut, maka dapat dipastikan perusahaan tersebut adalah generalis. Apabila penyedia adalah perusahaan generalis, maka ada kemungkinan layanan yang disediakan merupakan sub-kontrak kepada penyedia lain.

2. Metodologi Sourcing

Apabila IT Outsourcing bukanlah core expertise penyedia, maka Anda perlu memperhatikan apakah penyedia memilik metodologi sourcing rekrutmen yang jelas? atau mungkin hanya men sub-kontrak kepada penyedia lain? karena metodologi sourcing yang jelas akan sangat membantu Anda dalam meyakinkan SLA yang dijanjikan oleh penyedia apakah realistis atau tidak.

3. Orientasi Usaha

Ketika MSBU mengatakan bahwa kami adalah perusahaan spesialis layanan IT Outsourcing, maka dapat dipastikan bahwa orientasi usaha MSBU bukan tertuju pada profit maksimal, melainkan bagaimana MSBU dapat dengan cepat menempatkan kandidat-kandidat potensial yang terjaring dari ekosistem Crowdsourcing di perusahaan klien, sehingga mereka dapat dengan segera menjalankan aspirasi karirnya masing-masing.

4. Agilitas IT Outsourcing

Apakah setiap penempatan konsultan IT dibatasi dengan durasi tertentu seperti 3, 6, atau 12 bulan oleh penyedia? dan apabila permintaan Anda tidak sesuai dengan durasi minimal tersebut, apakah Anda akan dikenakan biaya 12 bulan yang diproratakan? Tentu saja agilitas seperti ini akan sulit Anda dapatkan di perusahaan generalis yang tidak memiliki strategi resource mobilization.

5. Skala Sourcing

Merekrut tenaga ahli IT dengan cepat sesuai kebutuhan yang semakin hari semakin kompleks merupakan tantangan terbesar bagi perusahaan penyedia layanan IT Outsourcing. Dengan demikian, agar kebutuhan dapat terpenuhi dengan cepat penyedia wajib meningkatkan skala sourcing 3 sampai 5 kali atau lebih dari jumlah kebutuhan. Apabila layanan IT Outsourcing disediakan penyedia melalui mekanisme sub-kontrak kepada penyedia lain, maka tidak ada kejelasan seberapa besar skala sourcing yang ditawarkan karena sangat bergantung dari sub-kontraktor yang dipilih.

6. SLA Rekrutmen IT Outsourcing

Setiap penyedia mungkin menawarkan SLA yang berbeda-beda bergantung dari kemampuannya, atau mungkin ada juga yang menyanggupi ekspektasi SLA dari klien. Namun diluar itu semua yang patut dipertanyakan adalah seberapa komit penyedia dengan SLA tersebut? dan apabila dikatakan komit, bagaimana cara penyedia merealisasikan komitmennya? harus ada metodologi yang jelas dari penyedia. Apabila tidak, maka sulit untuk Anda dapat yakin akan realisasinya. Akan jauh lebih sulit lagi bagi Anda membayangkan komitmen SLA penyedia apabila penyedia hanya mensub-kontrak layanan IT Outsourcing kepada penyedia lain.

7. Strategi Talent Retention

Ekspektasi Anda pada layanan IT Outsourcing adalah Anda ingin konsultan fokus bekerja dan bertahan ditempat Anda selama durasi yang diinginkan. Namun sayangnya, talent retention yang baik tidak terjadi dengan begitu saja. Harus ada strategi dan usaha yang jelas dari penyedia untuk memantau setiap konsultan yang ditempatkan, melakukan tinjauan periodik untuk mengumpulkan data points yang cukup sehingga dapat membuat prediksi serta antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dari konsultan. Apabila penyedia layanan IT Outsourcing tidak memiliki strategi yang jelas mengenai talent retention, maka sudah bisa dipastikan Anda akan direpotkan dengan proses hire and fire nantinya, terlebih apabila penyedia hanya men-subkontrak layanan IT Outsourcing kepada penyedia lain.

 

Demikian ulasan mengapa MSBU layak mejadi partner Anda dalam menyediakan layanan IT Outsourcing. Selain fokus utama MSBU yang tidak pernah berubah, MSBU juga memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki penyedia lainnya, yaitu hadirnya ekosistem crowdsourcing yang sangat membantu meningkatkan skala sourcing layanan. Selain itu, MSBU lebih berorientasi pada penempatan konsultan IT bukan profit semata, karena kesuksesan klien adalah kesuksesan untuk MSBU.

 

Cari tahu bagaimana MSBU dapat membantu IT Outsourcing Bisnis Anda.

Konsultasikan kebutuhan IT Outsourcing Anda sekarang juga!

Bagikan Artikel Ini

Berlangganan newsletter kami!