whatsapp btn

Tech Community : Adakah alasanmu bergabung disini?

Hastin Lia • 26 Juli 2024 - 8 Min min read | FRC

Tech Community

Komunitas teknologi adalah cara terbaik bagi orang-orang untuk terhubung, berbagi pengetahuan, berkolaborasi, dan belajar bersama.

“Tidak ada manusia yang merupakan sebuah pulau”; terdengar familiar? Kita semua pernah mendengar ungkapan itu, atau variasinya, dan mungkin merasa teridentifikasi olehnya. Bahkan jika Anda seorang penyendiri, Anda mungkin perlu bergantung pada orang lain untuk sesuatu dalam hidup Anda.

Manusia adalah makhluk sosial, dan sejak awal, kita telah diprogram untuk hidup dalam komunitas. Kita semua terhubung dalam beberapa hal dan memiliki kebutuhan akan koneksi antarpribadi. Bidang teknologi yang berkembang mendorong profesional dan pengembang TI untuk terhubung, berkolaborasi, dan belajar satu sama lain. Kebutuhan sosialisasi di kalangan profesional TI membuat komunitas teknologi berkembang dan menjadi bagian penting dalam industri.

Tapi apa sebenarnya komunitas teknologi itu? Haruskah Anda bergabung? Mengapa? Yang mana yang harus Anda ikuti, dan bagaimana Anda bisa mengambil keputusan? Apa manfaat bergabung dengan komunitas teknologi bagi karier Anda?

Baca juga: FRC Ecosystem Solusi Income Berbasis Community Professional

Apa itu komunitas teknologi (Tech Community)?

Komunitas teknologi adalah platform digital tempat sekelompok orang dengan minat yang sama dalam topik terkait teknologi bertemu untuk bersosialisasi. Kelompok ini biasanya terdiri dari pengembang aplikasi, pemrogram, dan ilmuwan data. Mereka berdiskusi tentang pengembangan, ilmu data, pembelajaran mesin, keamanan siber, dan lainnya. Komunitas ini juga bisa ditemukan secara langsung dan sering berpusat pada teknologi tertentu atau dibagi berdasarkan tingkat keahlian. Anggota dapat terhubung dengan rekan kerja dan profesional sejenis untuk berbagi wawasan, pengetahuan, opini, dan sumber daya.

Anggota komunitas teknologi dapat berkontribusi pada perangkat lunak sumber terbuka, berkolaborasi dalam proyek, dan saling merekomendasikan pekerjaan. Mereka juga bisa belajar satu sama lain melalui forum online, pertemuan, konferensi, atau program bimbingan. Program bimbingan membantu individu yang tidak berpengalaman memajukan karir dan mencapai tujuan profesional.

Komunitas teknologi juga memainkan peran penting dalam mendorong keberagaman dan inklusi dalam pembangunan dan industri terkait teknologi lainnya. Salah satu inti komunitas teknologi adalah inklusi. Sebagian besar komunitas berfokus pada penciptaan lingkungan yang ramah dan mendukung semua orang. Ini mencakup kelompok amatir yang baru memulai dan kelompok kurang terwakili, seperti perempuan yang persentasenya masih kecil di dunia teknologi.

Dengan kata lain, komunitas teknologi seperti media sosial bagi pengembang, akan tetapi dengan tujuan yang nyata. Ini adalah tempat bagi pengembang dan pekerja TI untuk bersosialisasi, saling membantu, mengikuti tren teknologi, dan mendapatkan paparan keahlian. Menjadi seorang pengembang adalah perjalanan yang sulit; bayangkan melakukannya sendiri. Dengan bergabung dalam komunitas teknologi, Anda mendapatkan dukungan instan yang membantu perjalanan Anda dengan pengetahuan dan dorongan.

Namun, jika Anda tidak yakin, berikut adalah alasan utama mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk bergabung dengan komunitas teknologi.

1. Tempat yang bagus untuk berjejaring dan berkolaborasi.

Seperti profesi lain, lingkungan yang mendukung interaksi manusia membantu membangun hubungan pribadi dan profesional. Ini sangat dikenal di komunitas teknologi. Namun, pada titik ini, Anda mungkin bertanya-tanya, “Saya bisa melakukannya di Facebook.” Dan Anda benar… semacam itu. Lihat, jaringan lebih dari sekadar mengikuti pengembang lain di Instagram dan terhubung di LinkedIn. Berjejaring melibatkan interaksi dan belajar dari orang lain, bertukar informasi berharga, dan membangun hubungan, dan komunitas teknologi adalah segalanya.

Komunitas teknologi sangat baik untuk berjejaring dan berkolaborasi. Anda dapat terhubung dengan profesional lain tanpa gangguan dari media sosial tradisional seperti spam atau profil palsu. Hasilnya, Anda mendapatkan akses ke tempat yang aman untuk membangun hubungan bisnis dan pribadi. Ini bisa membuka peluang baru, membantu membangun kemitraan, atau bahkan meletakkan dasar untuk startup Anda sendiri.

Selain itu, manfaat pribadi dari berjejaring dan berkolaborasi dalam komunitas teknologi juga beragam, terutama bagi pengembang yang bekerja jarak jauh atau orang yang tidak punya banyak waktu untuk bersosialisasi. Bergabung dengan komunitas teknologi tempat Anda dapat berinteraksi dengan orang-orang yang berpikiran sama adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang dari semua lapisan masyarakat dan berteman dengan minat yang sama dengan Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi perasaan kesepian atau ketidakmampuan dan, dalam jangka panjang, dapat membantu Anda berkembang baik secara pribadi maupun profesional. Dan, jika Anda tidak punya waktu untuk keluar dan bersosialisasi atau menghadiri konferensi, sebagian besar acara komunitas teknologi diadakan secara virtual, sehingga sangat memudahkan Anda untuk berpartisipasi dan berinteraksi dengan rekan-rekan Anda dari kenyamanan rumah Anda.

2. Komunitas teknologi mendorong pengembangan keterampilan.

Salah satu alasan utama Anda mendapatkan keuntungan dari bergabung dengan komunitas teknologi adalah untuk mengumpulkan semua informasi yang Anda bisa mengenai:

  • Tren teknologi terkini.
  • Kemajuan modern dalam pengembangan aplikasi.
  • Perubahan standar industri.
  • Perubahan peraturan perundang-undangan.
  • Tonton demo alat baru.
  • Dapatkan ilmu dari para inovator.
  • Pelajari praktik terbaik tentang cara menerapkan teknologi baru ke dalam tim Anda.

Komunitas teknologi adalah salah satu tempat terbaik untuk mempelajari keterampilan baru dan memantau apa yang terjadi di industri sehingga Anda dapat belajar dan beradaptasi. Dan, baik Anda seorang pemula atau pengembang berpengalaman, sebagian besar komunitas teknologi menawarkan sumber daya dan dukungan berharga untuk pembelajaran. Bergantung pada platform pilihan Anda, Anda dapat mengakses tutorial online, demonstrasi produk, tinjauan kode, dan program bimbingan online atau tatap muka. Hasilnya, Anda dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda, sekaligus meningkatkan karir Anda dan menjalin koneksi yang berharga.

Sebagai bonus, komunitas teknologi juga dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan komunikasi, yang merupakan aspek penting dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda yang dapat membantu Anda berkembang di tempat kerja dan dalam skenario sosial. Dengan bergabung dengan komunitas teknologi, Anda akan lebih percaya diri saat berbicara dengan orang lain, yang penting untuk berkomunikasi dengan klien, anggota tim, dan rekan kerja serta menerjemahkannya ke pengguna aplikasi Anda.

3. Komunitas teknologi dapat membantu Anda memecahkan masalah Anda.

Kita semua pernah mengalaminya; berjam-jam atau bahkan berhari-hari terbuang saat berjuang dengan bug dalam kode kami atau mencoba menemukan dokumentasi yang hilang. Meskipun hal ini dan banyak perselisihan lainnya merupakan bagian dari dunia pengembangan, hal ini mengganggu dan sering kali menghabiskan waktu, tenaga, dan uang untuk mencari solusinya, terutama saat Anda memulai petualangan di bidang aplikasi, pengembangan perangkat lunak, dan pemrograman. Untungnya, komunitas teknologi penuh dengan orang-orang yang mungkin pernah menghadapi masalah yang sama dengan Anda dan telah mencoba serta menguji setiap solusi yang diketahui manusia. Hasilnya, mereka dapat membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk sebagian besar masalah Anda dalam waktu singkat atau singkat, yang merupakan alternatif yang sangat baik dibandingkan hari-hari yang biasanya Anda habiskan.

Dan, bagian terbaiknya? Anda tidak hanya dapat menemukan solusi untuk masalah Anda, tetapi Anda juga dapat belajar dari kesalahan anggota komunitas teknologi lainnya sehingga Anda dapat memperoleh wawasan tentang cara menghindari kesalahan tersebut sendiri. Jadi, Anda akan mendapatkan pengetahuan langsung tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari, membantu Anda melangkah maju, apa pun proyek Anda atau betapa rumitnya usaha baru Anda.

4. Komunitas teknologi dapat mendorong pengembangan profesional Anda

Seperti disebutkan sebelumnya, komunitas teknologi adalah cara terbaik untuk membangun hubungan profesional dan pribadi. Di bidang profesional, menjadi bagian dari komunitas teknologi sangat membantu dalam arti:

Anda bisa mendapatkan perspektif baru tentang pengalaman unik, perjalanan, dan tantangan rekan-rekan Anda. Selain itu, berbicara dengan mereka dapat memberi Anda wawasan eksklusif tentang cara menggunakan alat tertentu, kesalahan apa yang harus dihindari, cara menghadapi klien yang menuntut, atau cara beradaptasi dengan teknologi baru, misalnya, yang lebih berharga daripada pembelajaran tradisional dari perusahaan. buku atau kelas.

Anda dapat mengikuti banyak acara dan lokakarya yang khusus berfokus pada pengembangan karir. Sebagian besar komunitas teknologi menawarkan kelas tentang teknologi dan alat modern serta praktik pengembangan dan seminar berorientasi karier tentang pembuatan resume dan tips wawancara, dan masih banyak lagi.

Anda mendapat kesempatan untuk bertemu dengan perekrut, pemilik perusahaan pengembangan, dan manajer perekrutan yang secara aktif mencari bakat baru, memungkinkan Anda untuk “menjual diri Anda sendiri” dan menarik mereka secara langsung daripada “menyerahkan resume” seperti biasa melalui email.

Anda mendapatkan akses ke tautan yang biasanya dibagikan oleh orang-orang di komunitas teknologi untuk mengarahkan anggota lain menuju berbagai peluang kerja atau pembelajaran hampir setiap hari. Hasilnya, Anda memiliki akses ke peluang magang, program sukarelawan, sesi pelatihan, atau webinar.

Secara keseluruhan, komunitas teknologi mendorong pembelajaran profesional, pertumbuhan, dan peningkatan pendapatan dengan membantu Anda mengakses sumber daya yang tak terhitung jumlahnya dan menjadikan diri Anda terkenal dengan cara yang lebih baik, lebih langsung, dan berdampak.

5. Komunitas teknologi dapat membantu mengubah dunia.

Bergabung dalam komunitas teknologi, Anda memiliki peluang unik untuk memberikan pengaruh kepada orang lain. Poin-poin yang disebutkan di atas membahas apa yang akan Anda peroleh dengan menjadi anggota komunitas teknologi, namun Anda juga bisa menjadi orang yang memberi, mengajar, membimbing, dan membimbing orang lain dalam perjalanan mereka sendiri. Memberikan kontribusi kepada komunitas Anda dan mendorong perubahan positif dengan berbagi pengetahuan dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama merupakan hal yang memuaskan dan memuaskan, dan juga merupakan hal yang penting.

Selain itu, Anda juga dapat membantu mempromosikan praktik inklusif dan mendorong keberagaman dalam industri pengembangan aplikasi dengan mendukung atau menciptakan komunitas teknologi yang berfokus pada penciptaan lingkungan yang ramah dan mendukung kelompok yang kurang terwakili. Dalam hal ini, komunitas teknologi adalah platform yang bagus untuk membantu Anda menyebarkan pesan: “Hei, ada ruang untuk Anda juga!” yang menyambut orang-orang dari semua lapisan masyarakat, mulai dari pemula dan yang masih ragu-ragu hingga pengembang dan ahli IT yang paling berpengalaman dan berbakat, yang berarti bahwa tidak peduli siapa Anda, atau tingkat keahlian apa yang Anda miliki, akan selalu ada orang seperti Anda.

Baca juga: Ingin Jadi Freelancer? Pekerjaan dan Aplikasi Cocok Buat Kamu

Komunitas teknologi apa saja yang bisa Anda ikuti?

Oke, jadi sekarang bagaimana? Di mana Anda memulai? Tergantung minat dan tujuan Anda, ada banyak komunitas teknologi yang bisa Anda ikuti. Berikut beberapa opsi populer:

  • GitHub: GitHub bisa dibilang merupakan komunitas teknologi paling populer saat ini. Ini adalah platform berbasis web untuk kolaborasi dan kontrol versi yang menawarkan fitur seperti pelacakan masalah, manajemen proyek, dan alat peninjauan kode. Anda dapat mengakses proyek sumber terbuka yang tak terhitung jumlahnya dan berbagi wawasan Anda dengan jutaan pengguna.
  • Tech Ladies: Tech Ladies adalah komunitas teknologi dan dewan kerja yang menghubungkan perempuan di industri teknologi. Hal ini penuh dengan peluang teknologi dan membantu mendukung dan mempromosikan keragaman gender dalam industri teknologi. Hal ini memberikan perempuan sebuah platform inklusif di mana mereka dapat berbagi sumber daya, saling mendukung, menjawab pertanyaan, bergabung dalam diskusi online, dan mengakses daftar pekerjaan. Ini telah berkembang menjadi jaringan global dengan lebih dari 50.000 anggota.
  • FRC Ecosystem : FRC Ecosystem adalah singkatan dari Freelance Recruiter Community yang merupakan platform crowdsourcing yang diperuntukkan kepada para Tech Recruiter oleh MSBU yang menghubungkan lebih dari 250 perekrut setiap quarternya untuk bertemu, belajar, dan mendapatkan reward. Komunitas ini merupakan komunitas freelancer berbasis teknologi yang pertama di Indonesia. Jika anda tertarik bergabung bersama komunitas perekrutan profesional (Freelance Recruiter Community Ecosystem) tanpa meninggalkan pekerjaan utama anda, silahkan bergabung Disini.

Apabila anda tertarik untuk bergabung dengan FRC, kunjungi halaman berikut: FRC Member Registration

Bagikan Artikel Ini

Berlangganan newsletter kami!

Artikel Lainnya