whatsapp btn

Refleksi : Community Tech Discovery Fund

Hastin Lia • 18 Juli 2024 - 3 Min min read | FRC

komunitas

Sepanjang 2023 hingga pertengahan 2024, FRC Ecosystem – MSBU telah bekerja sama mengembangkan teknologi komunitas, memastikan akses dan kepemilikan teknologi sesuai kebutuhan mereka.

Menambah income dan produktivitas adalah elemen penting untuk peluang bisnis komunitas mengeksplorasi dan menanamkan teknologi dalam pekerjaan mereka. Ini menciptakan ruang bagi organisasi untuk menguji, mencoba, dan berkolaborasi.

Menurut Komunitas Teknologi, 20 bisnis komunitas berhasil mengajukan permohonan ke program Dana Penemuan Teknologi Komunitas Power To Change. Mereka menciptakan perubahan positif di berbagai tempat dan aspirasi mereka terhadap teknologi komunitas semakin memperbesar dampaknya.

Baca juga: FRC Ecosystem Solusi Income Berbasis Community Professional

Menjadikan teknologi komunitas lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua orang

Komunitas profesional di bidang teknologi bersemangat membuat teknologi komunitas lebih inklusif dan mudah diakses oleh semua.

Hal ini salah satunya karena kita tahu bahwa pesatnya pertumbuhan ‘Teknologi besar’ telah menciptakan paradigma pemenang. Teknologi komunitas memberikan kekuasaan kepada komunitas dan memperkuat tatanan sosial kita.

Banyak komunitas teknologi berkembang di pinggiran, dipimpin oleh proyek dan organisasi tradisional. Perjalanan kami adalah mengembangkan praktik keberagaman dan inklusi untuk mengatasi ketidakseimbangan ini.

Kami terus belajar dan menyadari bahwa pendekatan kami belum sempurna. Namun, kami berharap refleksi ini akan mendorong ide dan tindakan. Ini membuka percakapan tentang bagaimana pihak lain dapat bertindak untuk kebaikan, memperkuat suara masyarakat dan komunitas yang mungkin tidak didengar.

Apa yang kami ketahui sebelum meluncurkan Discovery Fund

Menyoroti bahwa teknologi komunitas kurang memiliki keragaman dalam individu yang terlibat langsung. Banyak organisasi komunitas fokus melayani komunitas yang beragam. Perempuan dan penyandang disabilitas banyak di antara pemohon yang berhasil menerima dana. Namun, individu yang terlibat dalam teknologi komunitas sering didominasi oleh satu entitas. Mereka biasanya berasal dari kelompok sosio-ekonomi dan memiliki latar belakang yang relevan dengan bidang tertentu.

Bagaimana Menjangkau Komunitas?

Pembelajaran yang kami peroleh dari pembuat & pengelola mengkonsolidasikan komitmen kami untuk membuat putaran masa depan dapat diakses. Kami memasukkan hal ini ke dalam pemikiran Discovery Fund sejak awal. Kami bekerja dengan melakukan Riset Inklusi untuk memikirkan bahasa, hubungan, dan penjangkauan kami. Tujuannya adalah menghubungkan sebanyak mungkin komunitas yang kurang terwakili.

Kami menemukan bahwa mengatasi bias dalam proses berkomunitas sangat membantu. Tawaran bekerja sama untuk memperluas manfaat diminati oleh banyak freelancer. Dukungan konkrit memungkinkan kami menjangkau lebih banyak orang dan membangkitkan minat terhadap teknologi komunitas.

Dengan menciptakan ruang untuk percakapan transparan dengan organisasi masyarakat, kami mendukung mereka mengeksplorasi ide-ide dan memahami aspek praktis seperti kelayakan dan kemungkinan keberhasilan. Diskusi jujur ini membantu membangun jembatan dan mendorong orang melamar dengan rasa hormat dan pengakuan atas pekerjaan mereka.

Pendekatan Power To Change terhadap proses penilaian hibah juga berupaya meminimalkan bias dan mendorong inklusi masyarakat dan komunitas dari semua latar belakang. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang detail pendekatan ini di sini.

Baca juga: Trend 2024: 9 Cara Efektif Untuk Merekrut Bakat yang Beragam

Dimana selanjutnya?

Sudahkah kalian bergabung bersama Komunitas Freelance Tech Recruiter (FRC) Pertama di Indonesia berbasis crowdsourcing profesional? yang telah menjadi katalisator bagi semua pihak yang terlibat salah satunya adalah menambah income (fund) tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama dan tetap memacu produktifitas dalam waktu pelaksanaan secara flexibel. Kami tahu masih banyak yang harus dilakukan, namun kami berharap langkah pertama yang penting ini menjadi landasan bagi cara kami berpikir dan bertindak dalam putaran produktivitas yang mampu menjadi tumpuan penambahan income (fund) yang berperan di dunia teknologi secara profesional di masa depan. Komitmen kami terhadap keberagaman dan inklusi juga lebih dari sekadar komunitas freelancer di dunia industri teknologi.

Dalam beberapa bulan mendatang, kami fokus untuk secara aktif menyatukan mitra-mitra baru, termasuk gagasan variatif dalam pengembangan komunitas yang kreatif dan inovatif, organisasi penelitian, organisasi infrastruktur komunitas, pembuat kebijakan, dan banyak lagi. Kami ingin mendengar pendapat Anda saat kami membentuk bidang yang menarik dan berkembang ini. Silakan hubungi frc@msbu.co.id jika Anda ingin tahu lebih banyak.

Anda juga dapat membaca artikel kami lainnya dan mendaftarkan minat Anda untuk bergabung dengan komunitas praktik kami (Freelance Recruiter Community) serta mengecek informasi lainnya pada laman www.msbu.co.id

Bagikan Artikel Ini

Berlangganan newsletter kami!

Artikel Lainnya